in

Paska Insiden Cheat, Forsaken: Saya Hanya Ingin Menjadi Yang Terbaik

Source: AFKGaming.

Pada Jumat (19/10) lalu, salah satu pemain OpTic India bernama Nikhil “forsaken” Kumawat tertangkap tangan memakai program ilegal, yaitu cheat.

Aksi tersebut berakibat ditendangnya kelima pemain OpTic India. Selain itu forsaken akan mendapat ganjalan larangan bermain selamanya di dunia kompetitif CS:GO.

OpTic Gaming telah didiskualifikasi secara paksa dari eXTREMESLAND Asia 2018. Source: eXTREMESLAND.

Tepatnya 5 hari setelah kejadian tersebut, forsaken melalui situs AFKGaming mengeluarkan pernyataan resminya, yang intinya meminta maaf kepada seluruh lapisan masyarakat di negaranya maupun dunia internasional.


Saya sangat menyesal kepada rekan setim, manajemen OpTic India, dan semua orang yang memberikan kepercayaannya kepada saya.

Saya merasa bersalah karena mencuri kesempatan besar dari rekan setim saya. Masing-masing dari mereka sangat bertalenta, namun saya telah menghilangkan kesempatan mereka di tempat (OpTic India) yang layak untuk mereka.


Kenapa kamu melakukan itu? Apakah penyebabnya adalah tekanan, masalah finansial atau yang lain?

“Tidak ada tekanan dari manapun. Penyebabnya adalah saya yang ingin memenangkan setiap game, dan menjadi sempurna di semua aspek di dalam game (CS:GO).

Saya percaya diri dengan keputusan saya. Saya percaya diri dalam pemahaman game ini, namun tidak pernah percaya diri di aspek aim. Untuk mendapatkan percaya diri tersebut saya memilih jalan yang salah.”

Terdapat sebuah video di mana kamu menghalangi tangan admin untuk memeriksa PC-mu. Ada juga laporan bahwa kamu menghapus file tersebut di depan mata admin. Ceritakan yang sebenarnya terjadi menurut pandanganmu.

“Saya tidak pernah menolak saat admin datang untuk menginvestigasi PC saya. Namun saat saya ingin menutup file tersebut, admin ingin membuka file itu lagi.

Dan saat ingin dibuka, program Windows Defender langsung mendeteksi cheat tersebut dan otomatis terhapus karena dianggap ancaman virus.

Admin lain datang ke stage untuk mengecek PC tersebut, saya mundur dan mempersilahkan admin mengecek. Admin menekan alt+tab dan mengecek semua file yang telah dibuka oleh saya. Dan akhirnya saat admin membuka program cheat tersebut saya ketakutan, yang akhirnya saya mencoba untuk menutup file tersebut.”

Forsaken mendapat ban seumur hidup dari dunia kompetitif CS:GO. Source: OpTic India.

Bagaimana cara kamu mengaktifkan program tersebut? Apakah lewat mouse atau ada metode lain?

“Saya mengaktifkan itu (cheat) melalui file .rar yang saya download lewat sebuah situs.”

Southeast Asia Cyber Arena Resmi Usai, Berikut Jajaran Juaranya!

Apakah rekan setim anda mengetahui kamu menggunakan cheat saat bertanding?

“Tidak ada yang tahu di tim ini bahwa saya menggunakan program ilegal, termasuk rekan setim, pelatih, dan manajer. Karena cheat tersebut tidak terlalu blatant, tidak ada yang punya pikiran bahwa saya menggunakan (cheat).”

Apakah kamu menggunakan cheat saat melakukan scrimming di bootcamp OpTic India? bagaimana cara kamu menghindari kecurigaan rekan setim?

“Ya (saya menggunakannya). Seperti yang telah saya beritahu, itu hanya memberi sedikit keuntungan dalam hal akurasi, presisi, dan bullet registration yang lebih baik, sehingga tidak terlihat oleh orang yang mengamati.”

BACA JUGA: [BREAKING NEWS] OpTic India Didiskualifikasi dari eXTREMESLAND 2018 Terkait Cheating!

Apakah ada pemain lain yang mengetahui bahwa kamu menggunakan cheat saat bertanding?

“Tidak.”

Jika kamu bisa kembali dalam waktu dan mengubah sesuatu, apa yang kamu akan lakukan?

“Saya akan menghapus hari di saat saya pertama kali bermain Counter-Strike. Tidak ada hal baik yang datang kepadaku sejak hari pertamaku bermain game ini. Saya berpikir bahwa game ini cocok denganku, namun sejak 1 tahun lalu, saya tidak loyal dengan ini.

eXTREMESLAND menurunkan sebanyak 7 admin untuk mengecek komputer dari tersangka. Source: CSGO2ASIA.

Saya memberikan semua yang saya punya untuk game ini, saya selalu memposisikan game ini di atas segalanya, dan hari ini saya menyadari sesuatu yang hilang.

Sesuatu yang selalu saya posisikan di atas segalanya telah saya curangi. Namun satu yang tidak akan hilang, yaitu keluarga dan pacarku. Dan saya berharap tidak pernah mencurangi mereka.”

forsaken optic india
Source: AFKGaming.

Apa langkah selanjutnya untuk seorang forsaken?

“Yang saya bisa lakukan sekarang adalah berusaha melakukan sesuatu di kehidupan ini sehingga saya bisa membantu keluargaku. Saya tidak pernah terpikir melakukan sesuatu selain CS. Saya akan berusaha untuk memperbaiki kesalahan saya dan menjadi orang yang lebih baik lagi.”


Itu dia cuplikan rangkuman wawancara resmi bersama forsaken. Mari kita berharap agar kejadian seperti ini tidak akan terjadi lagi, baik di dunia internasional maupun indonesia.

Apa kelanjutan scene esports India setelah kejadian ini? Apakah akan baik-baik saja atau akan mengalami kemunduran besar?

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

Esports News Writer, especially CS:GO.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…