in

FACEIT Major: London 2018 – Jajaran 8 Tim CS:GO Terbaik di Babak Playoff!

Astralis lolos ke baba playoff. Sumber: HLTV

Pada tanggal 20 September 2018 mendatang, FACEIT Major: London 2018 akan memasuki babak playoffnya atau babak 8 besar. Major ke 13 ini akan mempertandingkan 8 tim teratas untuk memperebutkan total hadiah sebesar US$1,000,000 atau sekitar 14 miliar Rupiah!

Image Courtesy : faceitmajor.com

FACEIT Major: London ini akan diadakan di SSE Arena, Wembley, Inggris. Tempat yang berkapasitas lebih dari 12.000 orang ini siap menampung euforia para penonton esports CS:GO ini.

Bicara tentang perbandingan, tempat ini berkapasitas 2 kali lebih besar dari major sebelumnya, ELEAGUE Major 2018 yang hanya berkapasitas 7.200 orang.

Image Courtesy : faceitmajor.com

Sekilas tentang FACEIT, mereka adalah sebuah perusahaan yang berbasis sebagai penyedia layanan server pihak ketiga. Selain CS:GO, mereka juga menyediakan layanan Dota 2, TF2, maupun Rainbow Six Siege.

BIG vs Natus Vincere | 20 September 21.25 WIB | BO3

Pertandingan ini tergolong “cukup seru” untuk pembukaan playoffs major. Na’Vi yang saat ini bertengger di ranking #2 HLTV akan melawan BIG dari ranking #9 dunia.

Dari rekap pertandingan terdahulu, Na’Vi memenangkan 9 dari 12 pertandingan mereka. Walaupun begitu, mereka belum bertemu sama-sekali selama 2 bulan terakhir.

Di 4 pertandingan terakhir mereka, NaVi harus mengakui kekalahan atas tim asal Denmark, Astralis dengan skor 16-14. Mereka menang melawan FaZe (16-12), NiP (16-6), dan fnatic (16-9).

BACA JUGA: Ninjas in Pyjamas Kembali ke Ranah Dota 2 dengan Roster PPD

Sedangkan BIG memiliki track record yang lebih mengejutkan, karena mereka unggul atas FaZe dengan skor 16-5. Walaupun begitu, mereka dikalahkan oleh compLexity Gaming dengan skor 8-16.

Perubahan yang terlihat sejak major terakhir adalah digantikannya keev dan LEGIJA dari BIG dengan tiziaN dan smooya, sedangkan Na’Vi tidak mengganti siapapun sejak major terakhir.


compLexity vs MIBR | 21 September 00.45 WIB | BO3

Sumber: HLTV

Dalam perjalanannya, kedua tim ini telah melewati berbagai rintangan untuk masuk ke babak 8 besar. Tentu yang menjadi underdog di sini adalah compLexity. Namun dari catatan perjalanan mereka, tim ini unggul saat melawan tim yang bisa dibilang lebih besar, seperti G2 Esports (16-11), BIG (16-12), (16-8), fnatic (16-4), dan Vega Squadron (19-15).

Roster CCnC Tampil dengan Nama PaiN X, Tim Kedua dari PaiN Gaming!

Melalui statistik dari HLTV, MiBR unggul di berbagai faktor. Selain itu, MiBR juga menempati ranking yang jauh lebih tinggi, yaitu #7 dibanding compLexity yang bertengger di ranking #24.

MIBR dalam perjalanannya di FACEIT Major: London 2018, mereka telah ditundukan oleh 2 tim, yaitu TyLoo (13-16), dan Astralis (0-16). Selain itu perubahan MiBR dari roster mereka tahun lalu adalah digantinya TACO dan boltz dengan duet maut asal Amerika, Stewie2k dan tarik.


Team Liquid vs HellRaisers | 21 September 22.15 WIB | BO3

Sumber: HLTV

Hampir 4 tahun HellRaisers tidak menyentuh babak playoff major, dan akhirnya pada tahun ini mereka kembali. Mereka terakhir terlihat di babak playoff pada gelaran DreamHack Winter 2014 di mana tim Eropa ini gugur pada babak 4 besar.

Mereka akan berhadapan dengan tim Amerika yang digadang-gadang sebagai tim terbaik Amerika saat ini, Liquid. Mereka menyapu habis 5 kemenangan di kualifikasi utama atas Astralis, NiP, Winstrike, Vega Squadron, dan termasuk HellRaisers.

Mereka sempat bertemu di babak kualifikasi utama dalam format Bo1 di map Inferno. Liquid unggul hingga menorehkan skor 16-9.


FaZe Clan vs Astralis | 22 September 01.45 WIB | BO3

Sumber: HLTV

Pertandingan ini akan menjadi salah satu Match Of The Year, karena salah satu dari kedua tim ini akan gugur di major kali ini. Cukup disayangkan karena kedua tim ini merupakan 2 tim terbaik di dunia, dan harus bertemu di babak 8 besar. Di kubu Denmark ada Astralis yang akan menantang tim Eropa, FaZe Clan.

Menurut HLTV, Astralis saat ini berada di ranking #1 dunia. Salah satu pembuktiannya adalah menghajar habis MiBR dengan skor 16-0 dan Vega Squadron 16-4. Walaupun begitu, mereka terpaksa kalah oleh Liquid dengan skor tipis 15-19.

Di sisi lain, FaZe Clan saat ini tercatat sebagai tim ranking #5 dunia. Walaupun terpaut 4 ranking dari Astralis, performa individu dari kelima pemain FaZe sangat ditakuti jika mereka semua sedang dalam performa terbaiknya. Tim yang dipimpin oleh karrigan ini akan bertemu dengan tim asal negara kelahirannya, yang dipimpin oleh gla1ve.

FACEIT
Sumber: FACEIT

Dalam 10 pertandingan terakhir mereka, Astralis unggul atas FaZe dalam 7 pertandingannya. Sedangkan FaZe menang dalam 3 pertandingan tersebut dengan skor yang tipis, yaitu 16-14, 22-20, dan 19-17.


Berubahnya Tren Partisipan Sejak Major Terdahulu

Partisipan major beberapa tahun terakhir di posisi 8 besar. Sumber: Liquidpedia

Sama seperti major lalu, kami akan memberikan perubahan yang telah terjadi sejak major terakhir, yaitu ELEAGUE Major Boston 2018.

Beberapa tim legend terpaksa mundur karena kalah oleh tim-tim baru. Salah satunya adalah fnatic yang harus menutup era mereka setelah 12 kali selalu masuk ke babak playoff, namun untuk kali ini mereka harus absen.

FACEIT Major: London 2018. Sumber: FACEIT

Selain fnatic, Virtus.pro menutup “Golden Five Era” mereka setelah 10 kali selalu masuk ke playoffs. Ditambah mereka juga kehilangan 1 pemain mereka, yaitu byali yang sudah keluar dari tim setelah VP tersingkir di ajang FACEIT Major: London 2018.

Namun ketika ada tim yang keluar, tentu ada juga tim baru yang masuk. HellRaisers kembali setelah absen selama 7 kali major.  Ada juga NiP yang berhasil kembali ke kualifikasi utama major selama 4 kali. Namun NiP harus terhenti di babak 16 besar setelah kalah oleh MiBR 1-2.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

Esports News Writer, especially CS:GO.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…