in , ,

3 Custom Map CSGO untuk Asah Skill agar lebih Kompetitif

Masih bingung bagaimana caranya skill kalian bisa setingkat dengan xccurate ataupun BnTeT? Saya juga bingung… Tapi, mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa salah satu cara yang bisa kalian pakai adalah menggunakan custom map CSGO untuk asah skill kamu.

Beberapa map yang sudah saya susun di bawah ini merupakan namun custom maps yang dapat digunakan terus mengasah skill, mencari setting optimal, ataupun melatih aim secara konsisten.

Kami juga sempat membahas 7 Tips untuk Bermain Layaknya Pemain Pro untuk tips yang lebih menyeluruh namun tips kali ini akan secara khusus mengupas beberapa maps yang sangat membantu supaya skill kamu enggak gitu-gitu aja!

Cara Install Custom Map CS:GO

Sebelum kita masuk ke daftarnya, barangkali ada yang belum tahu caranya mengakses custom map. Jadi, beginilah caranya:

Buka Steam > Pilih game Counter-Strike:Global Offensive di daftar game > Cari pilihan “Browse The Workshop” > Lalu Ketik nama Map di kolom search yang disediakan.

crashz’ Crosshair Generator v3

Butuh kustomisasi untuk crosshair ? Ingin crosshair hanya berbentuk titik? Ingin menggunakan Crosshair yang sama seperti justru crosshair yang agak besar dengan warna mencolok? Ingin crosshair yang bisa mengobati rasa sakit hati kamu karena chat tidak dibalas si doi? eh ga ada ya…

Map ini siap membantu kalian memilih dan mencari crosshair yang sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Kamu bisa juga mengambil crosshair yang digunakan oleh beberapa pro player yang tersedia dan beberapa personality populer di CS:GO.

Image result for crashz crosshair generator

Crashz’ Crosshair Generator menjadi salah satu map paling populer di Workshop karena banyaknya fitur yang disediakan dan juga preview yang dapat dilakukan dengan background berbagai map yang ada.

Crosshair adalah aspek penting dari game FPS. Crosshair harus menjadi prioritas sebagai penunjuk arah dari aim seorang player. Crosshair merupakan indikator utama level skill kamu karena salah satu skill penting adalah crosshair placement.

Crosshair Placement adalah bagaimana player menempatkan Crosshair mereka saat melakukan movement, mengecek berbagai angle dan juga peek alias ngintip. Penampilan crosshair yang sesuai dengan yang kita inginkan tentu menjadi salah satu hal penting.

Penempatan crosshair yang baik juga biasanya datang dari game sense yang kuat, tak lain dan tak bukan datang dari pengalaman dan kemampuan memproses informasi dari rekan satu tim. Contoh video di atas adalah bagaimana Jordan “n0thing” Gilbert senantiasa menjaga angle dan mengarahkan crosshair tepat ke tempat di mana musuh akan muncul.

Aim Botz – Training

Map buatan Mr. uLLeticaL ini siap membantu proses pemanasan (warmup) kamu sebelum bermain kompetitif! Map ini merupakkan map yang banyak digunakkan pro player untuk melakukan pemanasan, selain Free-For-All Deathmatch.

Aim_Botz menjadi salah satu map popular karena banyaknya fitur yang ditawarkan. Meski map ini sangat sederhana namun ia sangat membantu terutama bagi mereka yang ingin mempunyai aim yang akurat dan konsisten. Aim Botz menyajikan lapangan tembak untuk player dengan bot sebagai target.

Aim Botz – Training mempunyai banyak fitur dan berbagai setting-an yang dapat disesuaikan seperti jarak antara player dengan target, berapa banyak target yang tersedia dan juga bagaimana kondisi armor dari target.

Map ini umumnya digunakkan player untuk warmup dengan berbagai senjata berbeda. Beberapa player seperti Stewie2k misalnya selalu datang lebih awal dibanding pemain lain untuk melakukan warmup aim botz dan kemudian FFA Deathmatch.

Untuk Aim Botz sendiri, banyak pemain menggunakan map ini untuk berlatih tapping (1 klik 1 headshot), 100 kills dengan AK-47, 100 Kills dengan M4, 100 Kills dengan deagle, dst. Proses warmup biasanya dilakukan secara konsisten untuk menjaga fokus dan melatih muscle memory.

Recoil Master – Spray Training

Recoil Master salah satu map untuk membantu mengingat spray pattern.

Mempunyai masalah dengan recoil dan juga akurasi dari spray? Recoil Master buatan uLLeticaL ini siap menyajikan “Ghosthair” yakni target untuk melatih spray pattern dari berbagai senjata yang ada di CS.

Ghosthair ini akan bergerak ke arah tertentu sesuai dengan arah recoil secara bertahap untuk tiap peluru. Hal ini memang terlihat gimmicky dan juga sulit dilakukan dalam waktu yang cepat terutama di real game, namun apa salahnya mencoba mengingat spray pattern dari berbagai senjata?

Map ini juga dapat menunjukkan suatu target model yang berbentuk CT/T dan saat kita mulai melakukan spray ke arah target, map ini akan menunjukkan berapa banyak peluru yang berhasil mengenai target selama melakukan spray.

Sebelum menggunakan recoil master pastikan settingan mouse kamu sudah pada setting yang nyaman dan settingan yang digunakan sama persis dengan yang kamu gunakkan saat bermain agar senantiasa konsisten dalam menjaga spray control.

Spray control adalah skill yang tidak bisa dipelajari secara instan. Seiring dengan waktu muscle memory akan terbentuk melalui latihan bermain secara konsisten. Jangan lupa juga untuk mempelajari spraying di real game agar konsisten dalam berbagai situasi dan kondisi.

Closing Thoughts

Selain map di atas, ada juga beberapa map lain yang layak dimasukkan ke daftar ini yang dapat membantu kamu seperti misalnya map untuk membantu membentuk Viewmodel yakni Viewmodel Generator by crashz’.

Sedangkan training_aim_csgo2 by nope adalah salah satu map lain yang membantu aim dengan berbagai mode di dalamnya. Selain map-map di atas adakah map lain yang layak dimasukkan namun kita lewatkan? Bagikan map rahasia kalian juga dong…!

Beberapa map di atas dapat menjadi alat berlatih, mencari setup dan mencapai konsistensi di berbagai situasi yang dihadapi di CS.

Perlu diingat bahwa mindset yang harus dibentuk adalah selalu bermain dan berlatih supaya kita terus menerus belajar dari kesalahan dan melihat hal-hal yang dapat kita perbaiki dari gameplay kita. Mendengarkan saran dari orang lain juga merupakkan hal penting dalam bermain team-based game. Karena pada akhirnya teamwork makes the dream work (apa artinya hayo?).

Diedit oleh Yabes Elia

Written by Rudi Hartanto

Providing fresh insights and unique perspective in my piece(s).
Esports Historian. For discusion feel free to follow on twitter : @therudihartanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…