in

Menang Telak! Astralis Juarai IEM Chicago 2018 Setelah Tekuk Liquid

Astralis mengangkat piala ke-7 nya di tahun ini. Source: ESL.

Astralissukses memboyong trofi IEM Chicago 2018 setelah memenangkan pertandingan ‘El Clasico’ dengan Team Liquid dalam format best-of-five (Bo5) 16-14(Mirage), 16-7 (Nuke), dan 16-4 (Inferno).

Mereka juga sukses membawa pulang total hadiah dengan porsi terbesar dengan jumlah US$100,000 atau sekitar Rp1,4 miliar!

Astralis mengangkat trofi. Sumber: IEM Chicago – ESL

IEM Chicago sendiri merupakan rangkaian gelaran Intel Extreme Masters milik ESL yang diadakan rutin tiap tahunnya. Untuk tahun ini, IEM telah menginjak musim ke-13 yang berlangsung di Chicago, Amerika Serikat.

Mereka menghadirkan 16 tim terbaik, melalui jalur undangan maupun kualifikasi. Berikut 16 tim yang bertanding di IEM Chicago 2018:

Sumber: HLTV

Hingga pada akhirnya, di babak playoff hanya menyisakan 6 tim terbaik. Keempat tim tersebut adalah Team LDLC, Team Liquid, mousesports, FaZe, fnatic dan Astralis.

Namun pada akhirnya di babak semi-final, Liquid dapat menghantam LDLC dan FaZe masing-masing dengan skor 2-1.

Sumber: IEM Chicago – ESL

Di sisi lain, Astralis dapat melibas habis mousesports di skor 2-0 dan melakukan comeback yang fantastis melawan fnatic dan berakhir di skor 2-1.

Dan akhirnya Grand Final IEM Chicago kali ini mempertemukan kembali 2 tim dari 2 benua yang berbeda untuk memperebutkan piala untuk ajang besutan ESL tersebut.


Ronde Pertama – Mirage

Map pertama ini bisa dibilang map favorit untuk Liquid maupun Astralis. Astralis memilih untuk memulai di T side sedangkan Liquid di CT side. Di ronde pistol pertama, Magisk berhasil mendapatkan 4 kill yang berdampak besar untuk memenangkan ronde tersebut.

Namun Astralis tidak dapat meneruskan momentum kemenangannya, karena di ronde 3, Liquid berhasil mendapatkan ronde pertamanya, hingga mereka unggul 9-6 di akhir first half.

Walaupun Liquid berhasil mengamankan 3 ronde pertama di second half, mereka tertahan di skor 14. Hingga akhirnya Astralis mendominasi dengan mendapatkan 6 ronde berutur-turut untuk memenangkan map pertama yang dipilih oleh Liquid ini.

Sumber: HLTV

Ronde Kedua – Nuke

Di map pilihan tim Denmark ini, Astralis memulai di T side, sedangkan Liquid di CT side. Pada awalnya, Astralis dapat memenangkan 4 ronde pertama.

ESL Indonesia Championship Bawa Kompetisi Dota 2 dan Arena of Valor!

Hingga akhirnya di pertengahan pertandingan Liquid berhasil mendapatkan ronde demi ronde. Meskipun begitu, Astralis rupanya mampu menutup babak first half dengan skor 9-6 di T side.

Magisk dkk berhasil unggul diatas awan dengan 9-6 di T side Nuke. Source: ESL.

Di second half, tidak banyak yang dapat Liquid lakukan lewat performa apik dari Astralis.

Dengan kemenangan ronde pistol kedua oleh Astralis, Liquid hanya disisakan 1 ronde di second half sebelum rivalnya menutup map kedua dengan skor 16-7. Xyp9x dari Astralis menjadi pemain paling berdampak di map ini dengan rating sebesar 1.40.

Sumber: HLTV

Ronde Ketiga – Inferno

Di map ketiga ini, Liquid harus bermain dengan performa terbaiknnya jika ingin membalikkan keadaan. Dibuktikan dengan unggulnya EliGE dkk di 3 ronde pertama. Namun kembali Astralis membalas dengan kemenangan 3 ronde, menyamakan kedudukan.

Setelah Astralis menstabilkan kembali ekonomi mereka, tim asal Denmark ini memberikan ruang yang sempit untuk Liquid dalam beraksi. Liquid terlihat sudah hancur koordinasinya karena momentum Astralis yang telah berjalan sejak map pertama.

BACA JUGA: Pemilik Astralis, RFRSH Entertaiment Dapatkan Suntikan Dana 166 Miliar Rupiah!

Hingga pada akhirnya Astralis unggul telak di first half dengan skor 11-4. Di second half ini, Liquid akhirnya berada di CT side. Namun karena aksi 3 kill device di B site membuat Liquid merelakan ronde pistol kedua di map menegangkan ini.

Penggemar tim Amerika, Liquid di IEM Chicago 2018. Source: ESL.

Namun takdir berkata lain, Astralis unggul mutlak di T side, dengan 5 ronde berturut-turut tanpa memberikan Liquid ruang sedikitpun ruang untuk bergerak. Astralis menutup map ketiga ini dengan skor 16-4 sekaligus memenangkan IEM Chicago 2018.


Astralis sekaligus mendapatkan piala ke-7 nya setelah beberapa waktu lalu memenangkan BLAST Pro Series Istanbul 2018.

Mereka juga akan mempertahankan gelar mereka sebagai tim nomor 1 di dunia saat ini. Selain itu, salah satu pemain mereka, device juga mendapatkan medali Most Valuable Player (MVP) oleh HLTV.

astralis iem chicago 2018
Medali ini akan menjadi medali MVP ke-5nya di tahun ini. Source: HLTV

Device mencatatkan rating sebesar 1.15, dengan 10 dari 13 pertandingannya di IEM Chicago tercatat memiliki rating di atas yang sangat memukau.

Selamat untuk Astralis dalam mempertahankan gelar mereka di tanah paman Sam. Apakah mereka masih bisa mempertahankan performa mereka hingga gelaran IEM selanjutnya di Katowice Major tahun depan?

device. Source: ESL.

Berikut perolehan hadiah dan urutan tim di ajang IEM Chicago 2018:

1. Astralis – US$100,000 (Rp1.480.390.000)
2. Liquid – US$42,000 (Rp621.763.800)
3-4  FaZe, fnatic – US$20,000 (Rp296.078.000)
5-6. mousesports, LDLC, NRG, Luminosity – US$10,000 (Rp148.039.000)
9-12. eUnited, BIG, North, MIBR – US$5,000 (Rp74.019.500)
13-16. Natus Vincere, MVP PK, Renegades, AVANGAR – US$4,000 (Rp59.215.600)

astralis iem chicago 2018
Astralis mengangkat piala ke-7 nya di tahun ini. Source: ESL.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

Esports News Writer, especially CS:GO.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…