in ,

4 Perubahan Roster Tim CS:GO Paling Buruk di Tahun 2018

Stewie2k. Source: HLTV

Dalam perubahan roster di dalam sebuah tim CS:GO, tentu tersirat alasan-alasan rumit yang tidak bisa terselesaikan.

Baik secara sengaja maupun tidak sengaja, perubahan tersebut dapat berdampak besar pada performa sebuah tim.

esl one new york
Sumber: ESL

Banyak tim yang harus merelakan uang, maupun gelar yang telah didapatinya. Pada tahun 2017, sebut saja Fnatic dan Gambit yang melakukan perubahan roster terburuk. Berikut tim RevivalTV hadirkan rentetan perubahan roster tim terburuk di tahun 2018.


Cloud9 ke SK Gaming (Stewie2k & Tarik)

Stewie2k berpindah ke kubu Brazil. Source: StarLadder

Perpindahan sang bintang tim Cloud9, Jake “Stewie2k” Yip merupakan salah satu perpindahan pemain terburuk dalam sejarah.

Alasan utamanya adalah pada saat itu, Cloud9 performanya sedang di atas angin, bahkan baru saja memenangkan ELEAGUE Major Boston 2018.

Namun dalam kurun waktu 1 bulan, Cloud9 mengumumkan keluarnya Stewie2k dari timnya, diikuti dengan pengumumannya ke SK Gaming.

Tentu dari perpindahan Stewie2k ke SK Gaming, ia mengharapkan hasil yang lebih baik lagi. Namun nahas, performa SK Gaming tidak kunjung membaik setelah ditinggalkan Epitácio “TACO” de Melo yang bisa dibilang kunci dari kesuksesan tim Brazil tersebut.

MiBR. Source: EsportsHeaven

Mereka mencoba menghadirkan IGL baru, yaitu Pujan “FNS” Mehta, namun tetap saja performa mereka tak se apik dahulu.

Hingga saat ini, kedua tim pemenang CS:GO major tersebut belum kembali ke 3 besar dunia. Bahkan performa Cloud9 merosot ke 30 besar dunia setelah ditinggal Tarik “tarik” Celik juga ke tim yang sama dengan Stewie saat ini, yaitu MIBR.


Virtus.pro ke mousesports (Snax)

Snax. Source: HLTV

Pindahnya Janusz “Snax” Pogorzelski ke mousesports mungkin merupakan salah satu roster move termahal yang dilakukan mousesports.

Pasalnya, mereka dilaporkan mengeluarkan uang sebesar US$290,000 atau sekitar 4,1 miliar rupiah untuk mengakuisisi seorang Snax dari Virtus.pro.

Namun dalam kurun waktu 2 bulan, ia digantikan kembali oleh Martin “STYKO” Styk. STYKO merupakan pemain yang sebelumnya digantikan oleh Snax.

Mobile Legends Jadi Salah Satu Game yang Dipertandingkan di SEA Games 2019!

Mungkin secara performa, perubahan ini baik-baik saja. Namun secara finansial, mousesports harus kehilangan uang yang cukup besar.

Mereka salah tafsir bahwa performa Snax akan jauh lebih baik dengan bermain di tim internasional tersebut. Namun karena perbedaan role, hasilnya kurang sesuai ekspetasi dari mousesports.


G2 Esports (Ex6TenZ & SmithZz)

Apakah shox dkk dapat mengembalikan Perancis kembali ke masa jayanya?

G2 Esports juga melakukan kesalahan besar dalam merubah roster-nya. Mereka menggantikan  Dan “apEX” Madesclaire dan Nathan “NBK-” Schmitt dengan Ex6TenZ dan SmithZz yang hasilnya membuat G2 Esports tidak dapat bersaing dengan tim tier 1 lainnya.

Pada awal tahun 2018 saat mereka masih bersama, G2 berhasil menembus top 10 dunia, dan dapat memberikan perlawanan terhadap beberapa tim besar, sebut saja MIBR.

Namun setelah pergantian roster tersebut, mereka harus mengakui kekalahan atas tim-tim sekelas NRG, compLexity, bahkan tim dari negaranya sendiri, LDLC. Tim dengan sebutan “French Superteam” ini harus duduk manis di peringkat 28 dunia saat ini.


Immortals ke 100 Thieves (kNg-V-)

100Thieves CS:GO. Source: 100T

Jika kamu masih familiar dengan nama 100 Thieves, mungkin kamu telah tahu perjalanan mereka menghabiskan uang 13 miliar rupiah secara cuma-cuma dalam waktu kurang dari 1 bulan.

Mereka memutuskan untuk mengakuisisi 3 mantan pemain Immortals, dalam rangka mendapatkan slot Legends di ELEAGUE Major Boston 2018.

Namun sayangnya, karena aksi salah satu pemainnya, Vito “kNgV-“ Giuseppe yang tidak profesional, Ia langsung didepak dari tim tersebut, sekaligus membuang slot mereka di ELEAGUE Major Boston 2018.

Buntut Kasus Regional, Valve Cabut Slot eks-PaiN X di Chongqing Major 2019

Dan dalam waktu 2 minggu setelah keluarnya kNg, 100T secara resmi membebaskan kontrak keempat pemain lainnya, dan secara resmi keluar dari ranah profesional CS:GO.

Pengambilan roster eks-Immortals mungkin merupakan salah satu sikap yang patut disesali pemilik 100 Thieves, Nadeshot.


Kesimpulan

CS:GO
Stewie2k. Source: HLTV

Berikut kita telah hadirkan 4 roster move terburuk di tahun ini. Tentu di tahun depan, akan ada lagi roster move menjengkelkan terjadi.

BACA JUGA: DarkZero Esports Akusisi Roster Rainbow Six Siege dari SK Gaming

Namun mari kita harapkan agar nantinya para tim dapat mengevaluasi perubahan tersebut sebelum benar-benar menandatangani kontrak.

Dan juga kita harapkan agar scene lokal Indonesia tetap berkembang dan tidak menemui perkara seperti hal yang ada di atas.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

Esports News Writer, especially CS:GO.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…