in ,

Begini Pendapat 4 Tokoh CS:GO Indonesia tentang Update CS:GO Gratis!

Sumber: RevivalTV

Pembaharuan yang dialami CS:GO pada hari Jumat (8/12) lalu memang cukup menghebohkan. Reaksi yang ada di seluruh komunitas CS:GO dunia pun cukup beragam.

Ada yang menyambut baik hal ini, ada juga yang mengecam aksi yang dilakukan oleh Valve selaku developer CS:GO dalam merubah game tersebut menjadi free-to-play alias gratis.

Source: SteamPowered

Update ini cukup membuat Steam memberikan peringatan bahwa pada tanggal 7-8 Desember, review negatif yang didapat oleh CS:GO meningkat tajam, yaitu naik 741%

Walaupun begitu, ada juga yang menyambut baik hal ini hingga review positifnya juga meningkat. Namun, kita juga tidak boleh berpatokan pada hal tersebut saja.

Kami memutuskan untuk menghubungi 4 tokoh CS:GO, yaitu Richard “frgd[ibtJ” Permana dari TEAMnxl>, Steven “M1xly” dari The Prime, Dwi “Gruvee” Prasetyo dari BOOM  ID, dan Dito “morpig” Windyaksa selaku pemilik dan developer dari community server OneTap.ID.

Uniknya, pendapat dan jawaban dari keempat tokoh di komunitas CS:GO tersebut cukup beragam.


Apakah Update Gratis Membawa Dampak Positif atau Negatif?

Richard “frgd[ibtJ” Permana:”Lebih banyak ke arah positif tampaknya, mengeliminasi alasan orang gak mau maen CS:GO karena harus bayar terlebih dahulu.”

Dwi “Gruvee” Prasetyo: “Menurut saya, kalau spesifik ke komunitas yang ada di Indonesia, tentunya akan membawa dampak positif karena akan semakin banyak orang-orang yang memainkan CS:GO. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau angka pengguna cheater akan semakin bertambah.”

BOOM ID. Source: WESG

Steven “M1xly”: “Menurut gue sih seimbang ada positif ada negatifnya juga.”

Dito “morpig” Windyaksa: ” Menurut saya dengan adanya update F2P akan membawa dampak yang positif, karena ini memberi kesempatan untuk pemain baru dari game lain untuk mencoba CS:GO.

Selain itu, ini juga memberi “nyawa baru” untuk komunitas CS:GO di Indonesia yang saat ini kurang aktif menurut saya.”


Apakah Ranah Profesional Sendiri akan Terkena Dampak?

Richard “frgd[ibtJ” Permana: “Pro scene harusnya berdampak positif juga ke depannya, justru dengan non F2P melimit sesuatu dari CS:GO di market2 unik seperti indonesia.”

Dwi “Gruvee” Prasetyo: “Menurut saya dampaknya akan cukup besar untuk ranah professional. Karena dengan dirubahnya game CS:GO menjadi free to play, akses untuk game ini akan lebih terbuka.

Hal ini tentunya akan membuat talent pool di game ini akan semakin banyak. Peningkatan jumlah pemain ini juga akan berbanding lurus dengan peminat & viewership CS:GO di Indo. ya tentunya saya berharap akan semakin banyak turnamen ke depannya.”

CS:GO Jadi Gratis! Battle Royale Mode Juga Hadir Sebagai Mode Baru

Steven “M1xly”: “Kalo buat dampak ranah profesional sih harusnya bakal lebih banyak pemain-pemain baru yang bertalenta, secara sekarang orang udah ga ragu buat nyobain main CS:GO.”


Apa Dampak yang Diraih Komunitas CS:GO di Indonesia?

Dito “morpig” Windyaksa: ” Dengan adanya update F2P tentu akan ada pemain baru, suara-suara baru dan “tingkah laku” yang baru.

BACA JUGA: 4 Perubahan Roster Tim CS:GO Paling Buruk di Tahun 2018

Selain itu, kami harus bekerja lebih keras karena akan terjadi peningkatan dalam jumlah pemain, cheater dan orang toxic. Saat ini jumlah total admin di onetap hanya 10 orang dan onetap telah didatangi oleh 58rb pemain di seluruh Asia.

Challenge yang kami hadapi adalah bagaimana kita bisa membasmi cheater/toxic player tanpa bantuan admin sama sekali.”


Apakah Perubahan Komunitas CS:GO akan Berubah Drastis?

frgd[ibtJ] di ieSF 2016. Source: TEAMnxl>
Richard “frgd[ibtJ” Permana: “Kita ga pernah tahu, tapi seharusnya ini babak baru bagi komunitas CS:GO Indonesia.”

Dwi “Gruvee” Prasetyo: “Drastis atau tidak, saya ga bisa meramalkan, tapi seharusnya sih naik ya, hahaha.”

Steven “M1xly”: “Gue sih ga tau pasti, tapi menurut gue harusnya bakal ada perubahan yang signifikan seiring waktu.”

Dito “morpig” Windyaksa: “Kalau drastis tidak, tetapi akan ada wajahwajah baru di community base CS:GO Indonesia.”

5 Tim yang Diprediksi Masuk Jajaran Tim Top 10 Dunia di Tahun 2019!


Apakah Mode Battle Royale di CS:GO Diperlukan?

Dwi “Gruvee” Prasetyo: “Perlu atau tidaknya ya relatif. Tapi menurut saya ini langkah yang cukup taktis untuk menarik minat para pemain diluar sana. Kalau dari sisi saya yang udah dari dulu main, ya itung-itung ada mode buat refreshing hehe.”

Steven “M1xly”: “Kalo dibilang diperlukan atau ga sih ya sebenarnya ga perlu sih. Karena seninya CS bukan battle royale, tapi ya kalo untuk fun mode ya its okay lah, hiburan sesaat.”


Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Battle Royale CS:GO?

Source: Gamehub

Steven “M1xly”: “Gue udah cobain ga lama setelah update tersebut keluar. Kalau gue yang main PUBG nyobain Danger Zone sih cukup aneh ya. Tapi ya emang game-nya kayak gitu jadi ga bisa disalahin juga. Pasti gameplay-nya ga jauh-jauh, sama.”

Dito “morpig” Windyaksa: “Game mode Battle Royale CS:GO menurut saya belum bagus, tapi playable for fun. Banyak hal-hal baru yang belum kita lihat di game mode CS:GO lainnya seperti drone drop, tablet dan buy equipment yang unik.”

Richard “frgd[ibtJ” Permana: “16-18 slot rasanya terlalu sedikit, tapi sudut pandang Valve pasti berbeda, mungkin 1 bulan lagi baru bisa kita nilai hasilnya seperti apa.”


Misalkan Memilih, Mending CS:GO Tetap Bayar atau Free To Play?

Richard “frgd[ibtJ” Permana: “F2P sudah ok, Valve rasanya ga butuh sekian dolar dari orang beli game CS:GO. Mereka bisa ambil revenue itu dari pajak in-game items yang jauh lebih besar angkanya.”

Dwi “Gruvee” Prasetyo: “Karena saya tinggal di Indonesia yang memang community CS:GO nya relatif lebih kecil dari game lain, saya jelas memilih untuk menggratiskan game ini.”

Steven “M1xly”: “Kalo gue jadi developer Valve, pengennya tetap paid game sih karena sampe detik ini Valve aja belum bisa berantas cheater d isaat game masih berstatus paid, apalagi F2P?”

csgo free to play
Source: CS

Dito “morpig” Windyaksa: “Jika saya adalah kepala developer Valve, saya tidak akan membuat CS:GO F2P, karena membutuhkan effort/tenaga yang besar jika CS:GO akan dirubah menjadi F2P, dari sisi game client, anticheat, server, dll.


Pesan-pesan Bagi Para Pemain CS:GO di Seluruh Indonesia?

Richard “frgd[ibtJ” Permana: “Kiranya komunitas CS:GO Indonesia bisa happy bareng bareng menikmati update terbaru dari Valve ini.”

Dwi “Gruvee” Prasetyo: “Pesan saya untuk teman-teman di komunitas, saya berharap akan semakin banyak yang terjun ke dunia kompetitif. Dan untuk tim-tim baru jangan takut untuk melawan tim-tim papan atas yang sudah lebih dulu eksis. Kalah itu biasa, menang itu luar biasa.”

Peserta ROG Masters 2017 CS:GO di Kuningan. Source: TechGue

Dito “morpig” Windyaksa: “Untuk membangun sebuah komunitas yang bagus, semua orang di dalam komunitas tersebut harus mempunyai attitude dan sikap yang baik.

Saling mendukung dan membantu satu sama lain, karena dari situ member akan menjadi solid. Jika ada yang berbuat toxic, drama, dan lainnya tentu tidak akan berkembang.”

Steven “M1xly”: “Buat komunitas CS:GO Indonesia jangan segan buat bangun komunitasnya biar lebih gede lagi.

Kita orang Indonesia punya talenta-talenta terpendam yang ga diliat di publik (luar negeri). Jadi buktiin diri kalian buat jadi yang terbaik. Jauhin cheat!”


Berikut telah kita sajikan berbagai pendapat dari berbagai sisi komunitas CS:GO Indonesia. Namun yang pasti, langkah Valve dalam menggratiskan game ini tentu melewati banyak pertimbangan.

Tim-Tim CS:GO di Indonesia
Source: PC Gamer

Mengingat Valve bukan developer kaleng-kaleng. Yang kita bisa perbuat adalah memberikan feedback membangun agar game tercinta ini dapat menjadi game yang lebih baik lagi.

Setidaknya kalian yang baru mencoba janganlah menjadi cheater rusuh di game yang baru gratis, wkwkwk.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

18, Jakarta, Suka jalan-jalan, FPS addict
Esports News Writer, especially CS:GO.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…